4 Pelaku Spesialis Pembobol Rumah Kosong 19 TKP Diringkus

BA¦Empat orang kawanan pelaku pencurian spesialis pembobol rumah kosong berhasil dibekuk Tim Buser Sat Reskrim Polres Kediri. Dari tangan pelaku petugas menyita barang bukti hasil curian berupa perhiasan, ponsel, uang dan senjata tajam milik pelaku sebagai sarana dalam menjalankan aksinya

Keempat pelaku itu ialah Darmaji (50), Kuswandi (46) warga Desa Mojokerep Kecamatan Plemahan, Saifudin (48) Desa/Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri dan Aris Efendi (37), Desa/Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang.

Kapolres Kediri AKBP Sumaryono SH SIK MH mengungkapkan penangkapan kawanan pelaku itu bermula dari laporan para korban.

“Awalnya kami menindak lanjuti laporan adanya korban pencurian, ” tutur Kapolres Kediri, Selasa (4/4).

Berdasarkan hasil olah TKP tim identifikasi Polres Kediri dan koordinasi Tim Buser Sat Reskrim berhasil mengantongi nama nama pelaku dan Keempat kawanan pelaku itu pun berhasil diamankan satu persatu.

“Awalnya kami mengamankan Darmaji di rumahnya. Kami menemukan barang bukti puluhan ponsel, samurai, golok besar dan uang,” terang AKBP Sumaryono.

Darmaji saat diinterogasi petugas mengaku telah melakukan aksinya di 19 TKP. Dalam aksinya itu Darmaji dibantu oleh ketiga temannya dan Ketiga pelaku itu pun berhasil ditangkap di rumahnya masing-masing.

“Peran Saifudin dan Kuswandi ini mengawasi rumah yang dituju. Sementara itu Aris Efendi sebagai pengantar ke TKP,” jelas Kapolres Kediri.

Keempat pelaku mengaku melakukan aksinya di Kediri, Madiun, Jombang dan beberapa tempat lainnya. Hasil dari aksinya itu mereka gunakan untuk foya foya.

“Sasaran keempat pelaku ini rumah kosonh dan toko kosong. Dan saat ini masih kita kembangkan,” tambah Kapolres Kediri.

Selain itu, pelaku saat melakukan aksinya membawa senjata tajam dan tak segan segan melukai bila aksinya diketahui orang lain.

“Pelaku saat ini masih dimintai keterangan guna penyidikan lebih lanjut. Keempat pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dan pemberatan.” Ungkap AKBP Sumaryono. (End)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.