Akibat Lama Menunggu Hasil Swab, Keluarga Paksa Ambil Jenazah PDP Covid 19

Makassar – Kali ini jenazah PDP Covid-19 di Kota Makassar, Kecamatan Panakkukang, dijemput paksa oleh keluarga dan warga. Kamis (15/10/2020).

Mereka yang datang marah mempertanyakan hasil swab jenazah tersebut karna sampai saat ini hasil swab jenazah belum keluar, sedangkan pihak keluarga sudah mau memakamkan jenazah di Perkuburan Macanda.

Penjemputan paksa jenazah pasien covid-19 dilakukan oleh puluhan warga di RS. Awal Bross Kota Makassar.

Massa yang terdiri dari keluarga dan kerabat tersebut menolak jika pasien dimakamkan secara protokol covid-19.

Personil Polsek Panakkukang yang bertugas pengamanan di RS. Awal Bross mencoba menenangkan massa yang mulai tak bisa menahan emosi.

Namun massa tetap memaksa untuk mengambil jenazah keluarganya.

Mengantisipasi terjadinya kericuhan karena massa makin tak terkontrol. Polisi langsung meminta keterangan dari kedua belah pihak yaitu petugas medis dan keluarga pasien. Serta melakukan mediasi antara kedua belah pihak.

“Jadi kami di sini itu sifatnya pengamanan supaya kondisinya kondusif. Kalau ditanya mengenai pasien itu PDP, ORG atau positif COVID-19, itu bukan ranah kami, itu ranahnya gugus tugas atau petugas medis,” ujar personil Polsek Panakkukang yang melaksanakan pengamanan di lokasi tersebut.

Setelah dilakukan proses negosiasi dan diberikan penjelasan oleh polisi. Pihak keluargapun menerima dan nyerahkan kembali jenazah tersebut ke pihak Rumah Sakit dan menunggu hasil swab jenazah keluar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*