Bawaslu Nganjuk Goes to Campus

BA¦ Partisipatif civitas akademika dalam pengawasan Pemilu tahun 2019 menjadi salahsatu unsur penting yang dirangkul oleh Bawaslu selaku lembaga pengawas Pemilu. Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bawaslu Kabupaten Nganjuk dengan
pihak kampus di aula Institute Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk, Sabtu (6 /4/2019) pukul 09.30 wib.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk Abdul Azis, S. Sos.I menyampaikan bahwa tujuan dari Bawaslu Go to Camous ini adalah sebagai bentuk sosialisasi Bawaslu Nganjuk kepada pihak kampus untuk berperan aktif dan turut serta dalam pengawasan Pemilu 2019. “Dan dilibatkannya pihak kampus, menandakan bahwa pengawasan Pemilu tidak hanta melekat pada diri Bawaslu akantetapi menjadi tanggungjawab bersama, termasuk pihak kampus atau mahasiswa,” terangnya.

Senada juga disampaikan oleh Faturahman Safi’i, S.Pi, selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Nganjuk. Menurut Fatur, mahawiswa sebagai pemilih pemula diharapkan berpartisipasi dalam pengawasan proses pemilihan umum demi mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan bermartabat. Sehingga dengan melakukan Upaya pencagahan Pelanggaran pemilu, seperti money politic dansebagainya. “Maka harapan kita sebagai Bawaslu agar proses ini dimulai dari diri sendiri, dengan begitu paling tidak mahasiswa akan mengetahui bahwa pengawasan pemilu merupakan tanggung jawab yang diemban bersama,” jelasnya.

Sementara itu DR.Sopingi, perwakilan dari Institute Agama Islam (IAI) Pangeran Diponegoro Nganjuk, mengapresiasi langkah Bawaslu Nganjuk melakukan MoU dengan pihaknya. Dia berharap mahasiswa mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang Pemilu, sekaligus bisa membantu Bawaslu ikut mengawasi jalannya Pemilu 2019 ini. “Kedepan kami berharap para mahasiswa memiliki semangat dan integritas yang tinggi dalan rangka menciptakan pemilu yang jujur dan adil,” ujarnya. (Adv/skt)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.