Coretan di Tembok Semarakkan Ekspresi Merdeka

BA¦Ya, inilah yang dilakukan pemuda di jalan jambu Dusun Jombangan Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Para pemuda itu menuangkan talenta yang dimilikinya selama ini . Dengan sangat antusias, puluhan pemuda ini menghias kampungnya dengan menggambar di tembok sebagai medianya.

Karena tembok di kampungnya itu sebelum dihias banyak kotoran lumut yang menempel di tembok.

“Kami ingin tembok di lingkungan kami dipandang terlihat indah, bersih dan tidak kotor serta berlumut,” tutur Dino Febrianto, Senin (21/8/2017).

Untuk mempercantik kampungnya itu menurutnya tidaklah mudah. Dino memerlukan dukungan dari pemilik tembok dan harus mengumpulkan para pemuda untuk menghias.

“Saya harus ijin terlebih dahulu. Kalau pemiliknya menyutujui ya kami hias,” terang Dino.

Untuk menggambar, puluhan pemuda ini mendapatkan modal dari pemilik rumah. Dan modal itu dicatat di buku nota. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal kecurigaan terhadap para pemuda.

“Semua belanja yang kita beli mulai dari cat tembok, bendera, banner kami catat. Supaya tidak ada permasalahan dan menjaga kepercayaan,” jelasnya.

Para pemuda ini menggambar di tembok dikerjakan sore hingga malam hari. Mereka menggambar mulai tentang kemerdekaan, presiden pertama Indonesia Soekarno dan gambar pahlawan Bung Tomo.

“Sementara yang kami gambar para tokoh pahlawan. Dan itu kami kerjakan pada saat longgar,” ungkap Dino.

Upaya para pemuda ini adalah bentuk sadar diri tentang lingkungan keberhasilan, keindahan dan agar kampung terlihat cantik dipandang semua orang.

“Kalau ada yang melintas disini bisa terlihat senang dan merasa nyaman dengan lingkungan bersih serta indah,” ujar Dino. (gar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.