Di Kediri Benda Purbakala Abad Ke 11 Ditemukan di Tengah Kebun

BA¦Sebuah benda Purbakala berukuran besar berhasil ditemukan oleh Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) di area Candi Gempur Adan-adan, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri.

Benda Purbakala peninggalan abad ke 11 yang ditemukan itu ialah arca Dwarapala. Arca ini merupakan patung berukuran besar yang selalu berada di depan bangunan tempat suci atau sebuah candi.

“Arca Dwarapala ini peninggalan abad ke 11 yang pada saat itu kerajaan Kadiri,” tutur Ketua tim Puslit Arkenas, Sukmawati Susetyo, Sabtu (30/9/2017).

Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) terus melakukan ekskavasi di lokasi tengah kebun itu. Tidak jauh dari lokasi Candi Gempur terdapat tempat pemakaman umum Dusun Candi.

Kondisi Arca Dwarapala terlihat kerusakan tampak pada hidung, jari kelingking patah dan jempol tangan kiri patah. Diperkirakan sebelum terpendam arca Dwarapala sudah dalam keadaaan rusak.

“Pada saat ditemukan Kondisinya memang sudah ada yang rusak,” terang Sukmawati.

Arca yang terbuat dari batu andesit ini sangat berbeda dengan arca Dwarapala yang ditemukan di Jawa Tengah. Pasalnya, pada arca ini ditemukan terdapat tiga klat bahu yang ada di bahu, di siku dan di pergelangan tangan.

Pada tangan kiri arca Dwarapala ini tidak membawa gada. Tim arkeologi melakukan ekskavasi di empat titik di area tersebut. Tim arkeologi juga menemukan sebuah Lapik dan batu bata merah berukuran besar.

“Ekskavasi ini di mulai Senin kemarin. Dan kami disini selama satu Minggu. Setelah ini arca ini kami kubur lagi. Dan sebagian ada yang di bawa ke Pemerintah Kabupaten untuk diamankan,” jelas Ketua Tim Arkeologi. (gar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.