Ditpolairud Polda Sumbar Luncurkan Aplikasi “Jangkar Airud”

BA¦Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sekarang bisa dilacak menggunakan smartphone.

Caranya mudah, terlebih dulu harus mengunggah aplikasi Jangkar Airud, milik Ditpolairud Polda Sumbar.

“Kita baru saja meluncurkan aplikasi namanya Jangkar Airud. Apliksi ini bisa melacak Karhutla, prakiraan cuaca, gelombang laut, kecepatan angin,” kata Dirpolairud Polda Sumbar Kombes Pol Soelistijono SIK MH, di Makopolairud, Selasa (3/3), siang.

Ia melanjutkan, aplikasi Jangkar Airud ini merupakan sarana untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. Khususnya di wilayah perairan dan masyarakat pesisir pantai. Aplikasi ini dapat didownload di play store.

“Sejalan dengan kemajuan teknologi, faktor yang paling penting hadirnya aplikasi ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pesisir, pengguna jasa angkutan laut dan nelayan,” ujar Soelis.

Masih kata Soelis, pada tampilan aplikasi Jangkar Airud, ada fitur-fitur Prakiraan Cuaca, Profil Ditpolairud, dan Pengaduan Masyarakat. Namun, untuk fitur yang disebut terakhir, harus login dulu.

“Pada fitur pengaduan, masyarakat harus membuat akun terlebih dahulu sebelum melakukan pengaduan, setelah mendaftar, masukkan email, baru bisa membuat laporkan pengaduan,” ungkapnya.

“Fitur pengaduan ada beberapa jenis diantaranya kecelakaan, pencurian dan kekerasan, lalu beri keterangan singkat kejadian tersebut, dengan dilampirkan foto kejadiannya,” tambahnya.

Ia menjelaskan, fitur Prakiraan Cuaca untuk mengetahui kondisi cuaca terkini, prakiraan gelombang dan angin, sehingga masyarakat akan terbantu terutama yang nelayan yang ingin melaut.

Tujuan buat aplikasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Aplikasi ini juga berkoneksi dengan Medsos Ditpolairud, seperti Instagram, Facebook dan Twitter” Pungkas Kombes Soelis.

Buka : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cyttechlab.jangkar_airud

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*