DUSUN BAMBU DAN MUSIKNYA

DUSUN BAMBU oleh Abah Wawan
Awal adanya lima macam jenis bambu hingga sekarang lima puluh lima jenis bambu, yang berkembang baik hanya tiga puluh jenis. Sedangkang jenis bambu yang ada tiga ribu lima ratus jenis bambu, dan yg berkembang hanya ada limapuluh persen saja.
Sedang di Jawa Barat ada 80 jenis yang berkembang tumbuh dimasyarakat Sunda.

Dusun Bambu telah menyajikan produk unggulanya yaitu beberapa jenis musik yang terbuat dari bambu yang ditanam didaerahnya. Mulai proses pembuatanya sampai penyajianya, mereka dengan cermat mensingkronkan nada yang dihasilkan oleh karakter bambu yang dikehendakinya. Tutur abah Wawan selaku narasumber yang membidangi alat musik bambu dusun Bambu.

Masyarakat dusun Bambu membuat bermacam jenis alat musik dari bambu dan dijual mulai dari harga lima puluh ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan mereka mendatangkan jenis bambu khusus dari Birma.
Dari keunggulan segala jenis alat musik yang terbuat dari bambu, Indonesia mampu membawa Angklung sebagai jenis alat musik bambu yang diakui oleh dunia.

Ribuan jenis bambu yang ada didunia ini memiliki karakter yang berbeda beda dan akan terasa jelas saat bambu itu dibuat jenis alat musik, bahkan tanaman bambu yang ditanam diJawa Barat tidak akan sama karakternya bila ditanam diwilayah lain, tegas Abah Wawan yang memiliki hobi bermain musik jenis bambu yang sudah keliling dunia.

Melalui kabid humas Gudang Garam Iwan Tricahyono, diharapkan dengan melihat langsung di Dusun Bambu Bandung, masyarakat kediri mampu memanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian dan menambah daerah wisata , yang berbasis tanaman bambu, seperti beberapa wisata bambu yang dikunjungi PT. Gudang Garam bersama Media Kediri, diwilayah Jawa Barat selama beberapa hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.