Fenomena Alam di Kediri, Satu Desa 64 Sumur Ambles

BA¦Peristiwa fenomena alam, 64 sumur ambles terjadi di satu Desa tepatnya di Desa Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Kejadian tersebut membuat warga setempat kawatir.

Sekretaris Desa Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Sunardi menuturkan fenomena alam ini sudah terjadi empat hari berturut turut.

Bahkan kejadiannya pun sewaktu waktu. “Memang benar ada sumur ambles di desa kami. Dan total saat ini ada 64 sumur yang ambles,” tutur Sunardi, saat ditemui, Kamis (27/4).

Sebelum sumur ambles ini terjadi. Menurut keterangan Sunardi ada pertanda tanah sekitarnya mengalami keretakan.

Kemudian air dalam sumur naik. “Di sekitar sumur itu ada retakan sebelum ambles. Dan tidak lama sumur itu ambles,” terangnya.

Rata-rata sumur yang ambles itu dikedalaman 3 meter hingga 4 meter. Lubang diamater mencapai hampir 1,5 meter. Upaya pemerintah desa saat ini sudah melaporkan ke Pemerintah Kabupaten Kediri.

“Kami sudah melaporkan peristiwa ini ke Pemerintah Kabupaten Kediri,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan Sunardi, peristiwa sumur ambles ini terjadi di Dusun Nanas, Dorok, Manggis dan Jambean. Sebagian warga sudah melakukan antisipasi dengan cara menutup sumur yang ambles dengan tanah.

“Sumur milik warga yang ambles sebagian sudah ditutup / diuruk dengan tanah. Karena takut adanya susulan tanah ambles lagi,” tandasnya. (gar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.