Ibu dan Bapak Berebut Ikan Segar di Sumber Gundi 

BA¦Ratusan warga Desa Tanjung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, Minggu pagi (8/10/2017) berbondong-bondong ke sumber gundi. Mereka datang ke sumber gundi untuk mengikuti acara grobyak Suro mencari ikan.

Dengan membawa alat tradisional  seperti cundik, wuwu perangkap ikan warga sejak pagi sudah memadati area sumber gundi. Acara itu pun diikuti oleh ibu-ibu, bapak-bapak, anak kecil dan remaja. Mereka berebut ikan segar di acara grobyak suro.

Acara dimulai setelah pihak desa melakukan ritual tumpengan di area sumber gundi. Uniknya, di acara grobyak suro ini Kepala Desa, para perangkat desa, lembaga desa, RT dan RW memakai pakaian jadul.

Kepala Desa Tanjung, Don Vito Gusbaki menuturkan acara grobyak suro ini dilakukan satu tahun sekali tempatnya di bulan suro. “Setiap satu tahun diadakan acara grobyak suro. Dan ini sudah menjadi tradisi di desa kami,” tutur Kades Tanjung.

Lebih lanjut diungkapkan Kades Tanjung, adanya tradisi grobyak suro ini warga lebih rukun. Dan saling menjaga kerukunan umat beragama. “Harapan dari kami untuk warga Desa Tanjung agar lebih rukun lagi,” ungkap Kades Tanjung.

Masih dijelaskan Kades Tanjung, untuk menarik desa wisata dan menambah perekonomian warga pihaknya akan melakukan badan usaha milik desa.

“Melalui Bumdes dari pemerintah desa kami akan melibatkan warga untuk berjualan disini (sumber gundi,red). Sehingga dapat meningkatkan perekonomian warga,” jelas Kades Tanjung. (gar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.