“Kalong” Sosialisasikan Area Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan

BA¦Drone merupakan pesawat tanpa awak yang kian marak terlihat mengangkasa baru-baru ini.
Selain itu, drone lebih sering digunakan orang untuk kepentingan hobby maupun untuk pekerjaan seperti membuat travelling video dan sebagainya.
Uniknya, tidak sembarangan orang dapat menggunakan drone.

Komunitas Aerial Drone and Racing Gelar Sosialisasi atau Kalong hadir untuk berbagi pengetahuan tentang bagaimana memainkan drone termasuk etika menerbangkan pesawat tanpa awak tersebut.

Sosialisasi Area KKOP dan Safety Flight Drone ini digelar di salah satu Cafe di Kediri, Jawa Timur.
Dalam sosialisasi ini dijelaskan beberapa aturan dasar untuk para pilot drone.

Drone dilarang terbang di daerah bandara. Hal ini disebabkan wilayah tersebut berada dicakupan data satelit yang tidak boleh terbang tanpa izin. Maka tidak sembarang orang boleh mengoperasikan drone di tempat tersebut. sampai jatuh dan baling-balingnya mengenai mata bisa menyebabkan kebutaan. Oleh karena itu, mengoperasikan drone tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Kemampuannya mengambil gambar dan teknologi di dalam perangkatnya menyebabkan ada daerah tertentu yang dilarang ada penerbangan drone di atasnya, seperti instansi pemerintah, bandara, istana negara maupun daerah militer. ‎

“Jaraknya 5 kilometer dari towerbandara,” ujar Louis Paskalis Adi selaku Humas Kalong Kediri Raya yang ditemui bersama sejumlah anggota di Titik Nol, Kediri, Minggu (04/11/2018).

Selain itu, meskipun drone bisa menembus awan, drone tidak dapat diterbangkan sesuka hati. Louis Paskalis Adi mengatakan ketinggian drone antara 250 sampai 300 meter. “Karena selebihnya merupakan wilayah penerbangan pesawat,” ujar dia. Jika tanpa kendali, drone dapat menabrak pesawat yang dapat menyebabkan kecelakaan. Praktisnya, saat ini Kalong telah menjadi wadah bagi para pecinta drone.

Komunitas ini mewadahi para pencinta yang menyukai drone. Dalam komunitas, para anggota akan berbagi pengetahuan maupun bersama-sama memecahkan persoalan, seperti cara mencegah drone agar tidak melewati area KKOP. Komunitas Kalong telah terbentuk pada 24 Agustus 2018. Anggotanya akan bersama-sama berlajar mengoperasikan drone dengan harapan komunitas Kalong akan selalu aktif mengudara dengan drone.
(Elmo)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.