Kapolda dan Pangdam Cek Tol Balikpapan, Km 18 Belum Tersambung

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman melakukan peninjauan ruas tol Balikpapan -Samarinda, Senin (16/12/2019).

Pengecekan dilakukan Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto bersama jajarannya saat kondisi hujan gerimis dengan menggunakan sepeda di ruas tol paket dari Km 13 Balikpapan hingga Samboja melakukan pengecekan kesiapan tol yang akan diresmikan Presiden Jokowi.

“Pengecekan ini dilakukan dengan bersepeda bersama sebagai wujud soliditas TNI Polri di wilayah Kalimantan Timur yang senantiasa terjaga. Kali ini kita lakukan dalam rangka mempersiapkan rencana pengamanan peresmian Tol Balikpapan – Samarinda oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo pada 17 Des. 2019,” tutur Kapolda.

Dari peninjauan diketahui ruang tol Km18 Balikpapan masih belum menyambung hanya sudah dikeraskan dengan batu-batu sepanjang 2,2 km.

Tol Balikpapan-Samarinda adalah tol pertama di Pulau Kalimantan dengan panjang sekitar 90 kilometer dengan waktu perjalanan 1 jam dibanding menggunakan jalan sebelumnya 3 jam.

Secara umum, jalan Tol khususnya ruas Km 32 Samboja sampai Samarinda sudah siap untuk dilintasi kendaraan, sehingga masyarakat sudah dapat memanfaatkan saat perayaan Nataru 2019-2020.

“Kami Himbau kepada seluruh masyarakat yg menggunakan jalan Tol agar selalu mematuhi rambu-rambu yg tersedia dan senantiasa mengutamakan keselamatan dalam memacu kendaraan di jalan Tol Kebanggaan masyarakat Kaltim ini, ” imbuhnya.

Kegiatan Gowes untuk pengecekan Tol Balikpapan-Samarinda walau dalam kondisi hujan gerimis tetap berjalan aman lancar, sekitar pkl 11.15 wita rombongan Kapolda-Pangdam melanjutkan kegiatan pengecekan kesiapan Pengaman antara lain Gladi rangkaian VVIP Dari Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ke Lokasi peresmian di Ruas Tol Samboja Kukar.
Ruas tol paket I dan V hingga belum bisa digunakan karena masih ada titik longsor dan belum stabil tanah karena berada di wilayah rawa-rawa.