Kapolres Tulungagung bersama Steakholder Cek Kesiapan di Sejumlah Gereja

TULUNGAGUNG – Mendekati pelaksanaan ibadah misa Natal 2021, Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH bersama Wakil bupati Tulungagung dan Steakholder Kabupaten Tulungagung mengecek keamanan dan penerapan protokol kesehatan di sejumlah gereja yang ada di Kabupaten Tulungagung.

Pengecekan dilakukan di gereja sebelum ibadah misa Natal di gereja Sabta Maria dan sejumlah Gereja lainnya di wilayah Kabupaten Tulungagung, Kamis (23/12/2021).

“Mulai hari ini kami dan jajaran melakukan kesiapan gereja dalam menggelar ibadah Misa Natal 2021. Kami pantau langsung, bagaimana pihak penyelenggara bersama kami dari TNI, Polri dan unsur terkait lainnya telah melakukan berbagai persiapan. Baik pengamanan area gereja, jemaat dan penerapan protokol kesehatan,” jelas Kapolres Tulungagung AKBP Handono.

Terkait situasi kamtibmas jelang Misa Natal 2021 di wilayah Kabupaten Tulungagung, menurutnya aman dan kondusif.

Didalam gereja, pihak penyelenggara sendiri memberikan ketentuan jemaat harus sudah divaksin Covid-19, masuk scan barcode aplikasi PeduliLindungi, wajib mematuhi protokol kesehatan, pengecekan suhu tubuh dan yang masuk adalah jemaat gereja sendiri.

Kapolres juga menegaskan kegiatan pengamanan ibadah Natal dan Tahun Baru 2022 berdasarkan Instruksi Mendagri no 66 dan SE Menteri Agama.

“Untuk kapasitas tempat ibadah harus menyesuaikan dengan aturan yaitu maksimal 50 persen. Begitu juga meski kegiatan tempat wisata diperbolehkan akan tetapi ada batasannya. Dan kemarin kita bersama forkopimda sudah mendatangi beberapa tempat wisata, nantinya akan ada petugas atau relawan yang mengarahkan, dan ketika itu sudah over kapasitas maka akan ditutup,” tegasnya

Untuk lebih menjamin rasa aman serta nyaman dalam beribadah, saat pelaksanaan ibadah nantinya diturunkan sejumlah personel polisi bersama TNI serta elemen terkait lainnya di tiap gereja. Bahkan sebelum rangkaian ibadah dimulai, polisi juga akan melakukan sterilisasi gereja.

“Mulai kegiatan ibadah perayaan natal kami sudah tempatkan personil untuk melaksanakan pengamanan,” imbuh Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, dalam pelaksananaan Operasi Lilin Semeru 2021 pihaknya telah menyediakan 6 Pos Pengamanan yakni, Pos pam lembupeteng, Pos Pam Bandung, Pos Pam Besuki, Pos Pam Ngantru Pos pam Ngujang 2 dan pos pam Ngunut. Sedangkan Pos Pelayanan terdiri dari 2 yaitu Pos Pelayanan terminal dan stasiun serta – Pos Pantau di gereja Katolik Santa Maria.

“Total personel yang kita libatkan ada sebanyak 450 dan itu belum termasuk yang diluar untuk pengamanan di Gereja. kemungkinan ada 1000 lebih personelnya. Nantinya personel akan kita terjunkan di Pospam, Posyan dan di tempat – tempat lokasi kegiatan masyarakat maupun di tempat – tempat terjadinya kerumunan,” pungkas Kapolres.

Pihak gereja menyambut baik, adanya pengecekan kesiapan ibadah Misa Natal 2021, ini adalah bukti kesiapan pihak Polri dan TNI dalam memberikan jaminan keamanan pelaksanaan ibadah Natal. (NN95 – HUM RESTU)