Keindahan Alam Pantai Pangi Kabupaten Blitar

BA¦Begitu banyak tempat wisata pantai yang belum terjamah oleh para wisatawan di daerah Kabupaten Blitar. Padahal pantai-pantai yang belum dikenal memiliki panorama pantai yang tidak kalah jauh indahnya dari pantai yang sudah sering dikunjungi banyak orang.

Salah satunya Pantai Pangi yang terletak di Dusun Krajan, Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pantai Pangi Kabupaten Blitar ini dikelilingi oleh karang yang berlumut. Pasir putihnya banyak digemari oleh para pengunjung, karena menjadi tempat yang cocok untuk bermain, mengambil foto selfie, atau hanya sekadar duduk di tepi pantai menikmati pemandangan.

Deburan ombak pantai dan suasana sejuk dari pohon cemara di tepi pantai membuat pengunjung merasakan kenyamanan yang luar biasa. Pesona pantai dengan pasir putih memang selalu memikat. Keindahan Pantai Pangi di Kabupaten Blitar ini dapat dinikmati dari berbagai sudut.

Dilihat dari jauh gradasi warna air lautnya sangat menggoda mata para penikmat pantai mulai dari warna benung di ujung bibir pantai, warna hijau toska, biru muda, hingga biru tua turut mewarnai keelokan Pantai Pangi.

Pengunjung Pantai Pangi berasal dari berbagai daerah mulai dari Jember, Kalimantan, Kediri, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Jambi hingga Tulungagung. Wisatawan lokal yang ingin berkunjung, tidak perlu khawatir mengenai rute ke pantai Pangi. Karena akses menuju pantai pangi sudah baik.

Pantai pangi memiliki panorama yang begitu indah, tak heran bila semua pengunjung betah berlama lama untuk bersantai bersama keluarga atau pasangan sembari menikmati cantiknya deruan ombak air laut.

Pengunjung pun juga dapat melihat beberapa perahu nelayan yang digunakan untuk mencari ikan. Di sisi lain Pantai Pangi memiliki keunikan salah satunya muara sungai yang berada di kawasan Pantai Pangi, Muara ini seperti telaga dengan air tawar yang terlihat segar.

Biasanya telaga ini digunakan beberapa pengunjung untuk berendam atau membersihkan badan setelah selesai berenang di pantai. Fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, warung makanan di Pantai Pangi ini sudah banyak didirikan. Dan untuk harga tiket masuk ke Pantai Pangi
sebesar Rp. 8.000,-. Pantai Pangi berada di pesisir selatan Kabupaten Blitar, Jika Anda pernah bermain di Pantai Tambak Rejo, Letak Pantai Pangi hanya berjarak 10 Km dari sana yang masih searah dengan Goa Embulthuk. Dan jarak antara Pantai Pangi dengan pusat kota Blitar adalah 40 KM.

Asal usul kata Pangi yaitu saat dahulu kala ketika Mbah Pangi yang berasal dari Mataram bertapa di pantai ini, Tempat bertapa dari mbah pangi tersebut ditandai oleh sebuah batu karang dan dijadikan Petilasan tidak hanya bagi umat Islam namun juga untuk umat beragama lain. Letak dari Pesanggrahan (Tempat Semedi) Mbah Pangi ini, berada di sisi selatan pantai. (Aaq)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.