Krisna DisKominfo : Pengangkatan Perangkat Desa yang Dilantik tidak harus Nomer Satu

BA¦Akhirnya, Bupati Kediri Hj Haryanti Sutrisno menemui Paguyuban Kepala Desa (PKD) Kabupaten Kediri, Senin (2/4/2018).

Audiensi pertemuan itu dilakukan di ruang Sekartaji Kabupaten Kediri. Dalam pertemuan tersebut hadir sejumlah pejabat Pemkab Kabupaten Kediri termasuk Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Satirin.

Di dalam audiensi tersebut membahas permasalahan soal pengangkatan perangkat desa yang menjadi dilema Kepala Desa.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kediri Krisna Setiawan menuturkan dari hasil diskusi dengan Kepala Desa akan dilakukan pengkajian.

“Tentunya dari hasil diskusi dengan Kepala Desa akan kita kaji mas,” tutur Krisna.

Krisna menjelaskan soal pengangkatan perangkat desa. Pengangkatan perangkat desa yang dilantik tidak harus perangkat desa yang nomor 1. Dan itu pun sudah sesuai aturan yang berlaku.

“Jadi pada prinsipnya pengangkatan perangkat desa itu tidak harus yang dilantik yang nomor 1 selama ada hukum provinsi yang harus dipertimbangkan dipertanggungjawabkan,” tutur Krisna.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Kades meminta kepada Ibu Bupati agar segera merevisi Perbub tentang pengangkatan perangkat desa. “Untuk revisi Perbub akan kita kaji dulu. Dan tentunya melibatkan biro hukum,” terangnya.

Tidak hanya itu, lima Kades yang tersangkut masalah di Polres Kediri Kades juga meminta Ibu Bupati membantu. ” Kepala Desa yang kini tersangkut masalah saat ini kita bahas di internal,” ungkapnya.

Terpisah, Abdul Khamid menjelaskan sebagaimana yang disampaikan oleh Ibu Bupati bahwa dalam pengangkatan perangkat desa tidak harus peringkat 1 dalam ujian tulis.

Namun calon yang sudah mengabdi di desa semisal pernah di kelembagaan desa yang dikuatkan dengan bukti otentik atau punya peran penting dalam kemajuan desa sosial kemasyarakatan.

“Jadi pertimbangan itu seperti pernah jadi pengurus Karang taruna, PPS atau KKPS juga bisa jadi dipertimbangkan Kades. Karena perangkat desa itu selain dibutuhkan kecerdasan intelektual juga kecerdasan sosial juga sangat perlukan,” jelas Kades Kwadungan Kecamatan Ngasem.(gar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*