Polda Kaltim Catat Sepanjang 2019 Kasus dan Pelanggaran Mengalami Penurunan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Polda Kaltim mencatat terjadi penurunan angka kriminalitas di wilayah Kaltim sepanjang 2019. Hal ini juga diikuti dengan penurunan angka kecelakaan lalu lintas. Termasuk jumlah pelanggaran yang dilakukan oknum anggotanya.

Capaian ini bukan hanya prestasi kerja jajarannya namun juga sinergi yang dibangun Polda Kaltim bersama pemda, Kodam, tokoh masyarakat, tokoh agama hingga masyarakat.

Untuk kasus pelanggaran kode etik anggotanya yang dianggap tidak professional pada 2018 lalu mencapai 20 orang, pidana narkoba 5 kasus dan pelanggaran disiplin sebanyak 40 kasus. Pada tahun ini menurun yakni 9 kasus untuk pelanggaran kode etik, narkoba 2 kasus dan disiplin tidak mentaati aturan dan UU sebanyak 22 kasus.

“Saya punya perhatian besar terhadap pelanggaran yagn dilakukan anggota dan ini jadi PR saya kedepan. Saya punya komitmen terutama narkoba saya tidak akan toleransi terhadap narkoba,” tandas Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono dalam rilis akhir tahun didampingi jajaran dan GM AP I dan Airnav Balikpapan bersama media, di atrium bandara Sepinggan Balikpapan, Jumat siang (27/12/2019).

Pelanggaran yang dilakukan anggotanya akan dipastikan Kapolda bahwa itu sudah ditindak sesuai hukum. “kayak di PPU itu perintah saya kalau itu masuk pidana ya masuk pidana tapi Balikpapan karena itu tidak ada pidanan kita tindak hukum sesuai yang ada di lingkungan kita. Pencopotan itu sudah tindakan luar biasa bagi anggota saya,” ujarnya.

Kedepan, pihaknya akan mencari formula terbaik guna membina dan mendidik anggotanya tetap mejalankan tugas sesuai dengan koridor hukum. “karena beda kita ini aparat negara yang punya kewajiban tugas itu mengesampingkan kepentingan kita pribadi dengan kepentingan tugas,” katanya.

Sementara untuk kasus lakalantas, di 2018 tercatat ada 723 kecelakaan lalulintas dengan 215 orang meninggal dunia, 795 cacat, sedangkan di tahun 2019 diturun menjadi 175 orang meninggal dunia dengan jumlah lakalantas sebanyak 520 kasus.

Untuk kasus pidana kejahatan konvensional juga mengalami penurunan tahun 2019 dibandingakn 2018 lalu.Seperti kasus narkoba 1501 kasus, ditahun 2018 sebanyak 1.582 kasus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*