Polda Kaltim Gelar Layanan Kesehatan Gratis Sekaligus Sosialisasikan Pemilu Damai

Direktorat Binmas Polda Kaltim bersama Biddokkes Polda Kaltim memberikan layanan cek kesehatan gratis di Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan, Rabu (27/3/2019). Lokasinya tepat berada di Jalan Taman Sari.

Kegiatan ini juga masuk dalam kerja sub bidang sosial Satgas Nusantara Polda Kaltim. Nantinya, kegiatan serupa juga akan digelar di beberapa tempat di Balikpapan.

“Kita melakukan bakti sosial dan bakti kesehatan. Memang kegiatan begini rutin kita laksanakan. Ini juga dalam rangak sebagai tugas Satgas Nusantara, sub bidang sosial,” kata Dir Binmas Polda Kaltim Kombes Pol Yudhi FH.

Pada kegiatan itu, selain memberikan layanan cek kesehatan gratis, juga dilakukan sosialisasi kampanye Pemilu damai. Sehingga diharapkan Pemilu 2019 nanti dapat berjalan lancar, aman dan kondusif.

Hal ini, kata Yudhi, sejalan dengan tugas sub bidang sosial Satgas Nusantara. “Pesan itu ada. Menjaga kondusifitas kota. Dalam hal ini melakukan cooling, pendinginan kepada masyarakat. Jangan sampai kita terpecah, hanya karena pilihan yang berbeda,” ujarnya.

Sementara itu, kegiatan ini didampingi langsung Kabid Dokkes Polda Kaltim Kombes Pol Gandik Siswondo. Gandik mengatakan, ada sebanyak 7 dokter dan petugas kesehatan di Polda Kaltim diturunkan pada kegiatan bakti sosial kali ini.

“Ada pemberian dukungan untuk cek laboratorium. Termasuk golongan darah. Kemudian cek gula darah, kolesterol dan asam urat. Pemberian multi vitamin kepada warga juga kita lakukan,” katanya.

Rata-rata keluhan warga kepada petugas kesehatan menyangkut penyakit umum yang diderita. “Dominan penyakit umum. Di antaranya ada yang kolesterol, penyakit gula,” imbuhnya.

Secara bersamaan, layanan kesehatan mobile milik Biddokkes Polda Kaltim juga beroperasi ke beberapa tempat. Untuk memberikan hal sama seperti yang dilakukan di Batu Ampar tersebut. “Saat ini dua kendaraan kami untuk home visit juga beroperasi. Itu untuk mereka yang tidak bisa datang ke lokasi kegiatan ini,” pungkasnya.

FacebookWhatsApp