Polisi Berhasil Amankan Pelaku Pembobol Rumah di Berau

Berau – Sempat membuat khawatir warga Berau, terutama Talisayan, pelaku spesialis pembobol rumah akhirnya berhasil diamankan pihak kepolisian.

Pengungkapan dilakukan usai kepolisian mendapat berbagai laporan dari  masyarakat yang mengaku rumahnya dibobol maling. Pelaku diketahui berinisial AM (38), diamankan di Kampung Purnasari Jaya, Kecamatan Talisayan, pada Sabtu (31/10/2020).

Kasat Reskrim Polres Berau AKP Rido Doly Kristian melalui Kanit Resum Ipda Dito Nugraha menyebut, pihaknya mendapat pengaduan dari delapan orang yang mengaju rumahnya telah dibobol.

“Jarak waktu terjadinya pembobolan pun tidak jauh berbeda antara satu rumah dengan yang lain,” ungkapnya, Selasa (3/11/2020).

Pelaku berhasil diamankan lantaran salah satu korban ternyata mengenal pelaku dan memiliki nomor handphonenya. Ketika dilacak, lanjut Dito, ternyata aktif dan masih berada di sekitaran Talisayan.

“Kita pun bergerak cepat dan berhasil meringkus pelaku,” bebernya. Modus pelaku melakukan aksinya pun terbilang cukup unik. AM akan mengetuk terlebih dahulu pintu rumah yang menjadi targetnya.

“Apabila ada penghuninya, pelaku pura-pura menanyakan tempat atau lokasi. Jika rumah yang diketuk tidak ada jawaban dan tidak ada penghuninya, pelaku langsung beraksi. Dengan kebelakang dan langsung membobol rumah,” ujarnya.

Ternyata pencurian ini bukan pertama kalinya dilakukan AM. Diketahui AM sempat ditahan lantaran melakukan pencurian.

“Pelaku sudah beberapa kali melakukan aksinya, tidak hanya sekitaran Berau. Namun juga diluar daerah lainnya hingga ke Kaltara. Pelaku pun sudah berkali-kali ditahan akibat perbuatannya,” ucapnya.

Akibat perbuatannya, pelaku terancam pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara paling lama tujuh tahun,” tutupnya.

Sumber : Humas Polda Kaltim

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*