Polisi Kawal Pemakaman Jenazah Covid-19 di Kaltim

Personel gabungan dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) bersama Sat Samapta Polresta Samarinda melaksanakan pengawalan dan pengamanan prosesi pemakaman jenazah pasien dengan prosedur Covid-19.

Pemakaman dilakukan di tempat pemakaman khusus pasien covid-19 yang berada di Jl. Dahlia > Jl. Poros Samarinda – Bontang Pemakaman Serayu Tanah Merah . Sabtu (18/07/2020) pagi.

Mendapat info dari Polresta Samarinda, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa di wilayah Samarinda ada prosesi pemakaman jenazah pasien dengan protokol Covid-19. Oleh sebab itu, pihaknya menerjunkan personel untuk melaksanakan pengawalan dan pengamanan. “Tujuannya agar kegiatan bisa berjalan dengan aman dan lancar, walaupun tidak ada penolakan dari masyarakat setempat, namun proses pemakamannya tetap kita jaga. Kita lakukan pemantauan proses pemakaman bersama dengan tim Gugus Tugas covid 19,” ucap Kombes Pol Ade Yaya.

Pihak rumah sakit pun merekomendasikan agar pemakaman dilakukan sesuai protokol kesehatan seperti pasien Covid-19, untuk itu personel gabungan melaksanakan pengawalan ambulance jenazah dari rumah sakit menuju tempat pemakaman umum.

“Di tengah pandemi Covid-19, Polda Kaltim beserta Jajaran siap membantu dalam menangani jenazah yang terjangkit virus corona untuk kemanusiaan,” tutup Kombes Pol Ade Yaya.

Sumber : Humas Polda Kaltim