Polres Tulungagung Akselerasi Vaksinasi Booster se-Indonesia Secara Virtual Bersama Kapolri

TULUNGAGUNG – Bertempat di Lapas Kelas II B Tulungagung Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru,Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH , Dandim 0807 Tulungagung Letkol Inf Yoki Malinton , Kalapas Kelas II B Tulungagung, Tunggul Buwono, A.Md.IP., S.H., M.H., PJU Polres Tulungagung dan Pegawai Lapas mengikuti akselerasi vaksinasi serentak se Indonesia Secara Virtual.

Kegiatan akselerasi vaksinasi serentak secara virtual oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Kasum TNI Letjen Eko Margiyono meninjau kegiatan vaksinasi anak dan lansia serta booster di Balairung Budi Utomo, Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini digelar secara serentak di 34 provinsi, Kamis (03/02/2022).

Dalam kesempatan itu melalui Zoom meeting ,Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo Dalam kesempatan itu, Sigit mengungkapkan bahwa, target akselerasi vaksinasi ini sendiri ditargetkan sebanyak 1.419.110 dosis. Jumlah itu gabungan untuk menyasar masyarakat yang mendapatkan vaksin dosis satu, dua dan tiga atau booster.

“Kegiatan hari ini kita laksanakan vaksinasi serentak di 34 provinsi dengan target hari ini 1.419.110. Kemudian di wilayah Depok sendiri khususnya tempat ini 2.500 khusus vaksin ketiga atau booster,” kata Sigit dalam tinjauannya.

Mantan Kabareskrim itu meminta kepada seluruh stakeholder untuk terus melakukan akselerasi vaksinasi. Di tengah masuknya varian Covid-19 jenis Omicron, Sigit juga mengimbau untuk melakukan percepatan vaksin kepada masyarakat kelompok lanjut usia (lansia) dan anak-anak.

“Dalam kesempatan ini saya ingatkan kepada seluruh masyarakat dan rekan-rekan yang bertugas, untuk membantu melaksanakan akselerasi, untuk mengingatkan kembali khususnya bagi berusia lansia dan kemudian anak-anak. Karena varian Omicron memang berjangkit ataupun menular disegala usia,” ujar eks Kapolda Banten tersebut.

Yang paling terpenting saat ini, dikatakan Sigit adalah masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam aktivitas sehari-harinya.

“Bahwa kita melihat disiplin terkait penggunaan masker, kemudian kegiatan-kegiatan yang selama ini dapat interaksi ini, banyak juga yang kemudian lupa dan buka masker. Tolong kali ini diingatkan kembali bahwa seluruhnya terutama untuk kegiatan yang memiliki interaksi tinggi, tempat kerumunan tolong betul-betul gunakan masker,” papar Sigit.

Sementara itu Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH mengatakan, pelaksanaan kegiatan vaksinasi serentak Indonesia di Lapas Kelas II B Tulungagung menggunakan vaksin tahap III / Booster.

Jumlah total yang tervaksin sebanyak 67 orang dengan melibatkan vaksinator dari Sidokkes Polres Tulungagung.

“Peserta vaksin terdiri dari Pegawai Lapas : 52 orang dan Keluarga pegawai Lapas : 15 orang. sedangkan teknis pelaksanaan vaksinasi yakni meliputi, pendaftaran, pengukuran tensi, screening kesehatan, penyuntikan vaksin dan observasi setelah vaksin”, terang AKBP Handono.

“Kegiatan Vaksinasi serentak Indonesia, dalam rangka mendukung program pemerintah guna percepatan penanganan Virus Covid-19 untuk mencapai herd immunity khususnya di wilayah Kabupaten Tulungagung”, pungkas AKBP Handono (NN95 – Polres Tulungagung )