Rapat Tripika Kecamatan Mariso, PPK dan Panwaslu Bahas Gejolak Jelang Pilwali

Makassar – Pesta demokrasi tinggal 3 hari lagi, Tripika dalam hal ini adalah tiga unsur pimpinan kecamatan yaitu Camat, Kepala Kepolisian Sektor Kota (Kapolsek) dan Komandan Rayon Militer (Danramil), menggelar rapat koordinasi, di Warkop Zahira (Depan Polsek Mariso) Jl. Dahlia No. 16 Kota Makassar, Minggu (6/12/2020).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kompol Ahmad Yulias (Kapolsek 03 Mariso), Mayor Inf. Yulius , S.Sos (Danramil Mariso), Fatahullah Ap.Msi (Sekcam Mariso), Bpk. Ridwan (Ketua PPK Kec. Mariso), Para Ketua PPS setiap kelurahan dan 3 Orang Anggota Bawaslu Kec. Mariso.

Pihak Kecamatan Mariso, Bpk Fatahullah mengatakan untuk memaksimalkan pekerjaan instansi yang terkait atau penyelengara pemilu maka kami dari kecamatan Mariso memberikan tempat di kantor Camat dan untuk pelayanan di kantor camat maka kami akan alihkan ke kelurahan Mattoanging.

Mengenai penyaluran logistik pihaknya tidak bisa memastikan disebabkan karna cuaca maka saya harapkan dapat diantisipasi demi keamanan semua logistik pemilu terutama pada saat di TPS.

Dalam rapat Kapolsek Mariso menyampaikan pihak kepolisian telah mengawal pilwali ini mulai dari tahap pendaftaran, kampanye, dan akan masuk pencoblosan dan alhamdulillah sampai saat ini belum ada kejadiaan menonjol.

Menyangkut masalah gudang logistik yang berada di wilayah Mariso maka pihaknya minta untuk bersama-sama menjaganya yang merupakan tanggungjawab bersama.

Kapolsek Mariso menambahkan, personilnya sangat terbatas sehingga untuk pam TPS pihaknya tidak menempatkan satu TPS satu orang anggota tetapi ada satu anggota yang memantau 3 TPS tetapi kami juga tetap akan memperhatikan tingkat kerawananya.

Yang perlu diwaspadai pada saat selesai pemungutan suara yaitu penghitungan cepat karena dapat memadati di setiap TPS.

Danramil turut menyampaikan agar kiranya ada data-data covid yang kita harus ikuti di wilayah kita agar dapat memonitor pada saat pilwali agar dengan adanya pilwali pasien covid tidak meningkat sebagai ancaman buat kita.

Logistik yang ada dapat dipantau dan dicek kembali agar dapat berjalan dengan aman tanpa ada gejolak serta penempatan TPS dapat ditempatkan di tempat aman karna saat ini sudah masuk musim hujan dan angin.

Kami dari aparat TNI dan POLRI tetap mendukung pelaksanaan pilwali dan kami harap komonikasi dapat terjalin.

Ketua PPK Kecamatan Mariso mengungkapkan bahwa pendistribusian logistik pemilu sudah disiapkan dengan cara memisahkaan perkelurahan dan per TPS dan masih di tempatkan di kantor camat demi keamanan sehingga pada saat pemungutan maka langsung ditangani oleh anggota PPS langsung ke ketua TPS

Sedangkan dari pihak Panwaslu hanya menyinggung masalah Penertiban ATK ia meminta jajaran kepolisian dan Danramil untuk mengamankan jalannya penertiban ATK yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.