Ribuan Orang Penuhi Markas Kodam VI Mulawarman, Saksikan Gelaran HUT TNI ke 74 Tahun

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Ribuan warga Balikpapan dan sekitarnya bersama personel Kodam VI Mulawarman menghadiri Mulawarman Open House dalam rangka HUT TNI Ke-74 di Kawasan Markas Kodam VI, Minggu, (22/9/2019).

Diawali penampilan yang atraktif dari Display Drumben Gita Ananta Santika dari Yonzipur 17/Ananta Dharma. Dengan kesatuan gerak yang kompak menunjukan kemampuan yang terbaik. Melakukan display drum band tidaklah mudah, dibutuhkan tekhnik keterampilan, ketangkasan dan kesatuan visi dalam membentuk kekompakan tim dari berbagai jenis instrumen alat musik dan nada yang dibunyikan.

Hal tersebut sangat menentukan kesatuan gerak dan keselarasan musikalitas yang dimainkan, sehingga dibutuhkan fokus dan konsentrasi serta latihan yang rutin yang selalu dilaksanakan oleh para prajurit Yonkav 17/AD.

Tak ketinggalan juga penampilan aksi flashmob dari para ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana, yang dengan sangat lincahnya memadukan gerak bersama-sama dengan penuh semangat.

Pada acara tersebut juga disaksikan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Kapolresta Balikpapan, Danlanal, Danlanud, serta unsur Pejabat Kodam VI/Mlw, pejabat Polda Kaltim dan Unsur Forkopimda lainnya.

Pangdam VI sangat apresiasi dan bangga, melihat antusias warga yang datang. Mulawarman Open House bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi kepada seluruh masyarakat.

“Menjadi wahana wisata militer dalam rangka mengedukasi dan memberi informasi kepada masyarakat berkaitan dengan dunia militer seperti rekruitman TNI, tugas pokok masing-masing satuan Kodam, Alutsista 3 matra TNI ataupun hal yang berkaitan tentang kegiatan dunia militer lainnya,” ungkap Mayjen TNI Subiyanto.

Karena itu, seluruh masyarakat dapat menikmati acara Mulawarman Open House dan wisata militer yang digelar di Kawasan Makodam VI/Mlw, tanyakan saja berbagai hal yang berkaitan dengan dunia militer.

Selanjutnya acara Mulawarman Open House resmi dibuka oleh Pangdam VI/Mlw didampingi Walikota Balikpapan serta unsur pejabat terkait lainnya, melalui prosesi pelepasan balon ke udara dan diiringi sirene serta gemuruh sorak sorai masyarakat.

Kemudian seluruh yang hadir bersama-sama bergerak melakukan senam konfigurasi Sajojo HUT TNI KE 74, yang rencananya kedepan akan digelar juga dalam rangka memecahkan rekor Muri pada 27 September mendatang.

Tak lupa juga, Pangdam VI/Mlw beserta rombongan berkenan meninjau puluhan stand yang telah digelar diseputaran kawasan Makodam VI/Mlw dan Alutsista-alutsista dari 3 matra TNI, dan menikmati berbagai penampilan hiburan rakyat.

Sementara itu Kapendam VI Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino mengungkapkan kegiatan Mulawarman Open House ini digelar dalam satu hari dan menampilkan hiburan, puluhan stand dari berbagai satuan yang ada di kodam VI/Mlw, termasuk TNI AL, maupun TNI AU. Acara ini terbuka untuk umum, masyarakat juga dapat menikmati wisata militer serta Joyride menggunakan Tank berkeliling area Makodam VI/Mlw.

“Ada lomba bagi para fotografer media, dengan ketentuan lomba yaitu mengambarkan sisi humanis, baik masyarakat maupun anggota TNI lainnya diseputaran areal kegiatan, akan disediakan hadiah menarik bagi para juaranya,” jelas Dino Martino.

Melalui gelar Mulawarman Open House ini diharapakan, Masyarakat dapat menggali wawasan dan pengetahuan mengenai Alutsista TNI seperti Tank anoa, persenjataan militer, Ransum TNI maupun alutsista lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*