Ribuan Warga Kepuh Gelar Tasyakuran di Makam Umum dan Makan Bersama 

BA¦Ribuan warga Desa Kepuh Kecamatan Papar Kabupaten Kediri, Selasa (17/10/2017) berbondong-bondong menuju ke tempat pemakaman umum.

Mereka datang ke pemakaman umum untuk berdoa bersama di makam orang yang pertama kali membuka Desa Kepuh, yakni Mbah Barep, Mbah Bulu Ragil dan Sokabat.

Acara tasyakuran itu dilakukan setiap satu tahun sekali di Bulan Suro yang jatuh pada hari Selasa Kliwon.

Acara dalam rangka bersih desa itu diikuti oleh orang tua, pemuda dan anak kecil. Mereka membawa tumpeng dari rumah dan dibawa ke makam.

Dalam acara itu setelah juru perawat makam memanjatkan doa, warga makan bersama tumpeng yang telah dibawa dari rumah tersebut.

Kepala Desa Kepuh Andwi Priyo Prastyoko menuturkan acara tasyakuran bersih desa ini dilakukan sejak dahulu dan sudah menjadi tradisi warga Desa Kepuh.

“Satu tahun sekali acara ini dilaksanakan. Dan warga banyak yang datang untuk acara tasyakuran ini,” tutur Kades Kepuh.

Diungkapkan Anang sapaan akrab Kades Kepuh. Acara bersih desa ini memohon doa agar warga Desa Kepuh diberikan kesehatan, tidak diserang penyakit dan diberikan rejeki.

“Tasyakuran ini agar warga selalu lebih baik dari sebelumnya. Baik itu dalam pekerjaan, diberikan kesehatan dan di Desa Kepuh selalu aman serta kondusif,” jelas Kades Kepuh. (gar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.