Sambut Bulan Ramadhan, Ratusan Warga Gelar Doa Bersama di Tempat Pemakaman Umum 

BA¦Ratusan warga Desa/Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri menggelar acara doa bersama di tempat pemakaman umum desa setempat, Jumat (11/5/2018).

Doa bersama itu bertujuan untuk keselamatan, situasi aman dan kondusif serta terhindar dari mara bahaya.

Dalam acara tersebut warga membawa tumpeng ke tempat pemakaman umum. Mereka duduk berjejer saling berhadapan.

Tokoh agama yang memimpin doa itu melantunkan doa dan diikuti warga yang hadir di acara tersebut.

Kepala Desa Kayen Kidul Bambang Agus Pranoto mengungkapkan acara doa bersama tasyakuran itu dilakukan setiap menjelang datangnya bulan suci ramadhan.

“Doa bersama ini kami lakukan menyambut datangnya bulan ramadhan. Tujuannya untuk keselamatan, rejeki yang berlimpah, dan situasi di desa kami aman serta kondusif terhindar dari mara bahaya,” tutur Kades Kayen Kidul.

Acara tasyakuran ini dilakukan sejak dahulu dan tidak kali ini saja. Setiap tahunnya di Desa Kayen menggelar acara doa bersama tiga kali di Bulan Jawa yakni Sapar, Ruah dan Sura. Tasyakuran itu pun melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Kalau bulan Ruah dan Sura di makam. Dan di bulan Sapar di perempatan desa. Acara ini sudah kita laksanakan setiap tahun. Tasyakuran doa bersama ini sudah ada sejak dahulu dan hingga sekarang. Kami bersama warga nguri-nguri budaya leluhur,” ungkapnya.(gar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.