Tertib dan Lancar, Pilkades Besuk Utamakan Pemilih Lansia dan Disabilitas

BA¦Pemilihan kepala desa besuk periode 2018-2024 dilaksanakan di Balai Desa Besuk pada hari Rabu (7/11).

Pilkades dilangsungkan pagi hari dimulai dengan acara pembukaan pada pukul 07.00 WIB, dilanjutkan dengan acara inti yaitu pencoblosan pada jam 08.00-14.00 WIB.

Proses Pilkades Besuk berlangsung dengan tertib, damai dan lancar. Kegiatan ini diamankan oleh petugas gabungan dari koramil dengan 4 anggota, 11 petugas dari Polri dan 24 petugas dari Linmas.

Panitia mengungkapkan bahwa calon pemilih lansia dan disabilitas diberi dispensasi untuk melakukan pencoblosan terlebih dahulu, mengingat jumlah pemilih yang sedemikian banyak. Dan tindakan mereka patut diacungi jempol.

“Harus ada perlakuan khusus untuk mereka (lansia dan disabilitas), mengingat jumlah pemilih sedemikian banyak. Jangan sampai memberatkan mereka, karena kehadiran merek patut diacungi jempol,” ungkap Saifudin, panitia Pilkades Besuk 2018.

Sesuai data dari DPT (Daftar Pemilu Tetap), total peserta pilkades Besuk adalah 3669 peserta yang terdiri dari dusun Besuk, Banjarjo dan Baran. Setelah dilakukan perhitungan suara, diketahui jumlah total surat suara sebanyak 2975. Kemenangan diperoleh calon kepala desa nomor urut dua, yaitu Lismamunib Yuami. (Sacha)