Tim PVMBG Bandung Teliti Fenomena Alam Sumur Ambles di Kediri

BA¦Tim Pusat Vulkanologi dan Bencana Mitigasi Geologi (PVMBG) Bandung, melakukan penelitian fenomena alam sumur ambles di Desa Manggis dan Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, Sabtu (29/4).

Tim PVMBG bersama, ITS Surabaya, ISDM Jawa Timur dan Hedrogeogologi, melakukan penelitian awal. Penelitian secara terpisah itu untuk mengetahui penyebab terjadinya fenomena alam sumur ambles.

Herry Purnomo, Ketua Tim Pergerakan Tanah PVMBG Bandung mengungkapkan, kedatangannya untuk melakukan penelitian awal gejala gejala sumur ambles.

“Kami melakukan pengecekan kondisi sumur ambles, busa di sumur, masalah air dan air yang muncul kepermukaan. Kami juga melakukan pendataan potensi sumur yang ambles,” tutur Herry.

Dalam penelitian itu tim PVMBG Bandung mengambil sample di lokasi tersebut. Hal itu dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya sumur ambles.

“Sampel itu akan kita analisis dan cari penyebabnya serta mencari solusinya penanganan masalah ini,” terangnya.

Dijelaskan Herry, menurutnya di wilayah lokasi sumur ambles ini adalah daerah vulkanik. Karena daerah vulkanik itu endapan masih belum terkelompokkan dan tergolong masih muda. Apalagi di daerah ini dekat dengan Gunung Kelud.

“Di dalam itu ada endapan dan larutan larutan di dalam tanah. Sehingga dapat menyebabkan potensi ambles. Namun kita belum tahu pasti penyebab masalah ini,” bebernya.

Ia mengimbau kepada warga untuk tidak perlu khawatir adanya fenomena alam ini. Menurutnya, fenomena alam ini biasa. Jadi warga tidak perlu panik.

“Kami berharap warga tidak perlu khawatir dan panik. Tetap tenang,” jelasnya. (gar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.