Transmisi Lokal, Polres Berau Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Poldakaltim.com, Berau – Selain menegaskan tidak akan mengeluarkan izin keramaian, Kapolres Berau juga mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, salah satunya dengan memakai masker.

Hal tersebut dilakukan karena penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) kembali menghantui masyarakat. Hal tersebut ditambah dengan terdeteksinya transmisi lokal dari pasien Berau-112. Bahkan, informasi beredar diduga ada tenaga kesehatan (nakes) terkonfirmasi positif.

“Ini tentu sangat mengkhawatirkan. Untuk itu kita perlu melakukan tindakan untuk mencegah penularan Covid-19 di sekitar kita,” ungkap Kombes Pol Ade Yaya Suryana.

Tindakan itu tentu saja dengan mematuhi protokol kesehatan. Polres Berau bahkan menginisiasi sebuah gerakan untuk mengajak masyarakat untuk turut mematuhi protokol kesehatan.

“Gerakan itu bernama Gerakan Berau Bermasker , Gerakan Berau Bermasker mempunyai slogan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” tambahnya.

Gerakan tersebut sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020 tentang pendisiplinan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

“Kita lakukan patroli dari pagi, siang dan malam untuk mengajak masyarakat memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan. Jika kita temukan ada masyarakat yang tidak menggunakan masker, kita berikan masker gratis dan kita beri himbauan betapa pentingnya mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Humas Polda Kaltim