Warga Bersukur harga beras di kabupaten Balangan Turun

BA¦ Balangan – Isu Nasional kenaikan harga Sembako khususnya Beras tidak berpengaruh bagi masyarakat di kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

Ditemui oleh tim media info Balangan seorang pembeli sdri. Salasiah menyampaikan adanya penurunan harga beras premium sebesar Rp.3000,- / perkarung, Jumat (01/03/2024) pagi.

Dari pemantauan, stok ditingkat pedagang Pasar Adaro, Paringin, beras sangat banyak, mengingat banyaknya areal persawahan di Kabupaten Balangan dan adanya kebiasaan masyarakat Balangan yang tinggal di pegunungan menyimpan hasil panennya di rumah / balai sehingga kenaikan tidak berpengaruh signifikan kepada masyarakat.

Hasil pengecekan di lapangan dengan wawancara yang dilakukan oleh tim menunjukkan perkembangan harga dan stok yang stabil bahkan mengalami penurunan untuk jenis beras Banjar.

Pemerintah juga melakukan antisipasi menjaga ketersediaan beras dengan stok beras komersial mencapai 1.000 ton untuk medium dan 100 ton untuk premium, semuanya tersedia di Bulog Kabupaten HST.

Dari data tersebut, Warga Balangan dapat menghela nafas lega dan tetap tenang dengan ketersediaan beras saat ini, pemerintah terus berupaya untuk menstabilkan harga pasar dengan ketersediaan beras yang cukup.

Informasi serupa juga disebutkan beberapa pedagang beras di Kabupaten Balangan, tentang data stok dan ketersediaan beras. Hasilnya menunjukkan perbandingan harga rata-rata beras medium dan premium dari minggu ke-III hingga minggu ke-IV yang stabil.

Dapat disimpulkan bahwa data yang kami himpun, ketersediaan Beras cukup dan harga stabil, jadi masyarakat Balangan dapat tenang karena ketersediaan dan harga beras dalam kondisi yang aman dan terjaga.